Senin, 22 Februari 2010

Bayah, Selatan Banten, Wisata Pantai

Sama seperti daerah lain di Indonesia, begitu banyak perbedaan antara kota besar di pusat pertumbuhan ekonomi dan kota kecil yang jaraknya jauh. Perbedaan yang terjadi karena pertumbuhan ekonomi yang lambat dan jalan penghubung yang masih sangat terbatas.
Bayah adalah kota kecil di bagian Selatan Provinsi Banten, Bayah mempunyai beberapa sumber alam yang menjadi andalan yaitu Batu Bara dan Emas yang terletak tidak jauh dari Bayah di Tambang Cikotok.


Kota Bayah sama seperti kota kecil lainnya sudah lengkap dengan terminal yang bergabung dengan kawasan pasar yang terletak di bagian tengah kota. Sudah ada dua gerai minimarket dan satu satunya Bank yaitu BRI. Sarana Kesehatan yang tersedia yaitu Puskesmas dengan ruang Rawat, 3 klinik dokter dan RS Malimping sebagai rujukan terdekat.
Potensi lain Bayah yaitu wisata bahari yang masih asri dan alami, sepanjang perjalanan ke kota ini kita disuguhin pantai pasir putih dengan ombak besar atau pantai karang. Salah satu pantai Pasir Putih yang masih bersih dan patut dijadikan tempat wisata.
Pantai Pasir Putih Bayah


Atau Pantai Karang Villa Madan dengan struktur karang yang cukup bervariasi.
 

 

Atau kawasan Pantai Pulau Manuk, kawasan pantai di muara sungai dengan kombinasi pulau karang berbentuk huruf 'u' dengan bagian terbesar yang tetap menonjol di atas permukaan air laut yang disebut Pulau Manuk.
 

  

  

 

Salah satu kawasan yang belum saya kunjungi adalah pantai Sawarna tempat surving terkenal di Bayah.

Kota Bayah letaknya 200 km dari Jakarta, bisa dijangkau dari Jakarta melalui dua arah yaitu dari Jakarta-Serang-Pandeglang-Malimping-Bayah atau Jakarta-Bogor-Sukabumi-Pelabuhan Ratu-Bayah.
Jalur melewati Serang, Perjalanan ke Selatan, sangat berbeda dengan jalur melalui Sukabumi karena kota kota di Jawa Barat bagian Selatan ini lebih berkembang dibanding selatan Banten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar